Jumat, 20 Juli 2012

DAY 202


Hari ini adalah hari ke-202...
Hari ke-202 dari 365 hari Bible Reading Plan saya ^^,huehehehe...

Idk why when this morning I wake up, pray, take my Bible and handphone and start browsing YouVersion application and see it's already DAY 202, I feel so happy and amazing!!!

Bisa sampai di hari yang ke-202, itu berarti saya sudah lewat setengah dari 'perjalanan' saya.
Baca Alkitab setahun itu benar-benar butuh komitmen, kesabaran juga rajin... Benar-benar tidak mudah.

Mulai tahun ini saya membuat komitmen untuk membaca seluruh Alkitab selama setahun.
Jujur saja, sejak Sekolah Minggu saya sudah punya niat buat baca seluruh Alkitab, tapi pas SD cuma mentok sampe Yosua,,
Pas SMA dan kuliah cuma mentok sampe Mazmur,hahaha...

Jadinya sekarang mau benar-benar commit for reading whole Bible through this year...
Pas baca di sebuah blog, yang menulis soal Bible Reading Plan, ia menulis kita harus punya semacam Bible Reading Plan, jadi sudah ada jadwalnya hari ini baca sampai mana,dan sebagainya.

Plus, ia juga bilang untuk jangan cuma membaca saja, tetapi mempelajarinya. Kemudian, lebih baik lagi kalau ada ayat hafalan yang tiap hari kita hafal.
Nah, setelah baca tulisan itu, saya jadi terpacu lagi untuk read whole Bible...

Dan thank God karena saya menemukan situs YouVersion >> www.youversion.com
Di situs itu selain ada Alkitab dalam berbagai versi, juga ada Daily Bible Reading Plan-nya.

Waktu itu, kalau tidak salah sudah bulan April, alias kalau mau mulai baca Alkitab setahunnya, saya sudah terlambat kurang lebih 100 hari!!
Tapi, Tuhan 'menekan' saya untuk memulainya,, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.
Kalau bukan sekarang kamu mulainya, kamu akan jadi malas dan pada akhirnya tidak mulai-mulai.

Akhirnya, saya memulai Bible Reading plan saya lewat aplikasi YouVersion di handphone... DI YouVersion sendiri, ada puluhan pilihan Bible Reading Plan,, dan saya memilih yang EVeryday I Learn To See Jesus dari dr. Young.

Karena saya sudah ketinggalan sekitar 100 hari, maka saya harus kejar ketinggalan tersebut. Jadi, tiap hari saya baca bacaan untuk 2 hari,, sekita 8-9 pasal/bacaan tiap hari.
Kemudian,, rhema yang saya dapat dari tiap bacaan saya tulis di jurnal harian saya.
Demikian juga ayat hafalan,, saya usahakan tiap hari ada ayat hafalan yang harus dihafal.

Dengan program seperti itu, bukan berarti saya rajin dan tekun menjalaninya.
Ada saat-saat dimana saya malas banget untuk buka Bible, apalagi pas sudah nyampe di bagian Imamat dan Bilangan >,< ,, ada saat-saat saya bangun telat sehingga tidak sempat SaTe,, ada saat-saat saya have no idea untuk nulis... Tuhan gak kasih apa-apa ke saya untuk direnungkan pas baca Bible.
Ada saat-saat saya mau menyerah,, sempat mikir untuk berhenti saja...toh tidak ada orang yang melihat,kan, kalo saya stop planning saya.
Tapi,, pas baca buku Joshua Harris,, ada kalimat seperti ini:
Karakter seseorang ditentukan saat tidak ada orang yang melihatnya.

Artinya,, siapa kita saat nggak ada orang yang melihat apa yang kita kerjakan?
Apa kita tipe orang yang bermuka dua. Pas orang melihat, kita rajin, baik,dsb... tapi pas kita sendirian dalam kamar, kita ternyata adalah orang yang benar-benar berbeda dalam keseharian kita.

Saat saya malas, ketinggalan, mau nyerah, telat bangun, ketiduran pas baca Alkitab... Tuhan selalu tegur dan mengingatkan saya.

Jika saat ini sudah hari ke-202,, maka itu semua karena kasih sayang Tuhan buat saya.
Dan selama saya commit untuk Read whole Bible ini,, ada begitu banyak hal yang saya pelajari.
Anugerah-Nya, kasih sayang-Nya, penyertaan-Nya... well, it makes me know Him better day by day when I read passage by passage.

Bible is amazing book. It's live and relevant also complete.
I feel so amazing when I read it and discover so many unbeliavable things happen in God's hands.

Membaca Alkitab memiliki banyak manfaat, bukan hanya it makes our relationship with God more deeper, but I feel He is so close to me... always beside me. 
Di setiap keadaan yang terjadi pada saya,, yang muncul di pikiran itu adalah ayat Alkitab yang relevan dengan keadaan saya.

Dalam 2 Timotius 3:16
Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Alkitab punya banyak manfaat dalam kehidupan orang Kristen.

Jangan mengaku orang Kristen kalau malas baca Alkitab.

Saya pernah baca sebuah kesaksian dari Lydia Prince ( almarhumah istri Derek Prince)
dan beliau pernah bilang bahwa " Injil Yohanes itu sangat indah, seperti surat cinta,"
Sampe segitunya...
Hehehe...

Dan by the way, itulah salah satu faktor yang membuat Derek Prince jatuh cinta pada beliau. Kecintaannya pada Tuhan dan betapa setia ia membaca dan merenungkan Firman Tuhan serta melakukannya.

Sudah hari ke-202, dan masih ada sisa 163 hari lagi (actually, 164 hari karena tahun kabisat).
I pray that God will lead me through this journey...
Doakan agar saya bisa selesai membaca seluruh Alkitab sampai akhir tahun ini,, 
demikian juga tahun depan, tahun depannya lagi, dan seterusnya...

Amin,amin,amin....


God bless,,

Farha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar